Anak Magang Penggemar Star Wars Bikin Gempar NASA – VIVA – VIVA.co.id

VIVA – Anak magang di Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) yang baru saja bekerja selama tiga hari berhasil menemukan planet baru. Padahal para ilmuwan di sana belum pernah mendeteksinya sekali pun.

Dikutip dari situs Business Insider, Minggu, 19 Januari 2020, NASA menjelaskan bahwa itu adalah planet circuminary pertama yang ditemukan, yang mana mengorbit dua bintang.

Planet yang dinamai TOI 1338 B ini besarnya hampir tujuh kali lebih besar dari Bumi. Letaknya 1.300 tahun cahaya di sebuah konstelasi Pictor.

Anak magang bernama Wolf Cukier (17) ini bergabung dengan Goddard Space Flight Center milik NASA di Greenbelt, Maryland, AS.

Ia bergabung sebagai pekerja magang musim panas setelah menyelesaikan tahun pertamanya di Scarsdale High School, New York.

Ia ada di proyek mencari planet yang mengorbit dua bintang dan bertugas memeriksa kecerahan serta keredupan melalui teleskop satelit NASA. Keduanya menjadi indikasi adanya planet baru.

“Sekitar tiga hari pada masa magang, saya melihat dari sistem yang disebut TOI 1338 B. Awalnya saya pikir itu adalah gerhana bintang, tapi tidak. Itu planet,” ujarnya.

Cukier juga diketahui sebagai penggemar Star Wars. Ia mengatakan cara bintang (Matahari) muncul di TOI 1338 B sangat mirip dengan apa yang terjadi di rumah Luke Skywalker dari Tatooine. Saat waktunya terbenam juga terdapat Matahari ganda.

Saat ini ia sudah kembali ke sekolahnya, namun ke depan, dirinya berharap bisa kuliah di jurusan fisika dan astrofisika. Cukier ingin memiliki karir penelitian di ruang angkasa yang dianggapnya sebagai sesuatu yang menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like