Catat! Google Hentikan Layanan Aplikasi Chrome Juni 2020 – Nusantaratv.com

Jakarta, Nusantaratv.com – Google baru-baru ini mengabarkan bakal menghentikan dukungan untuk aplikasi-aplikasi Chrome di semua platform. Google memastikan dukungan untuk aplikasi-aplikasi Chrome berakhir mulai Juni 2020. Penghentian ini akan dilakukan secara bertahap mulai Maret 2020. 

Dilansir dari The Verge, aplikasi Chrome merupakan aplikasi berbasis web yang bisa dipasang di Chrome. Tampilan maupun fungsinya serupa seperti aplikasi yang ada di desktop.

Dan, beberapa aplikasi Chrome yang telah terpasang hanya akan menjadi tombol jalan pintas untuk menuju web resmi dari aplikasi-aplikasi Google lainnya. Dimana ekstensi Chrome yang berbeda dari aplikasi-aplikasi Chrome, akan tetap berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Perbarui Windows 7 ke Windows 10, Begini Caranya

Pada 2016, Google telah mengungkapkan rencana penghentian dukungan untuk aplikasi-aplikasi Chrome di Windows, macOS, dan Linux. Google berdalih hanya sekitar satu persen pengguna platform itu yang aktif menggunakan aplikasi Chrome. 

Terkait keputusan Google, pengguna Windows, macOS, dan Linux harus bersiap karena dalam waktu dekat tidak akan lagi bisa menggunakan aplikasi-aplikasi Chrome. Google sendiri akan menghentikan dukungan untuk aplikasi-aplikasi Chrome secara bertahap.

Berikut ini rinciannya::

Maret 2020: Chrome Web Srore akan berhenti menerima Chrome Apps baru. Para pengembang masih bisa memperbarui aplikasi Chrome yang ada hingga Juni 2022.

Juni 2020: Akhir dukungan untuk aplikasi-aplikasi Chrome di Windows, Mac, dan Linux. Para pengguna yang memiliki Chrome Enterprise dan Chrome Education Upgrde akan memiliki akses untuk memperpanjang dukungan hingga Desember 2020.

Desember 2020: Akhir dukungan untuk aplikasi-aplikasi Chrome di Windows, Mac, dan Linux.

Juni 2021: Akhir dukungan untuk Google Native Client (NaCI), PNaCI, dan PPAPI APIs.

Juni 2021: Akhir dukungan untuk aplikasi-aplikasi Chrome di Chrome OS. Konsumen yang memiliki Chrome Enterprise dan Chrome Education Upgrade akan memiliki akses untuk memperpanjang dukungan hingga Juni 2022.

Juni 2022: Akhir dukungan untuk aplikasi-aplikasi Chrome di Chrome OS bagi semua konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like