Ini Lho Fitur Android 10: Wajib Dipakai Semua Ponsel di 2020 – CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia – Google akan mewajibkan produsen smartphone seperti Samsung dan Xiaomi untuk menjalankan Android 10 pada semua ponsel yang diluncurkan mulai 1 Februari 2020.

Pengumuman ini disampaikan pada versi terbaru dari persyaratan GSM Google. GSM berisi deretan aplikasi bawaan Google seperti Play Store. Bila tak dipenuhi maka Google tak terbitkan lisensi layanan mitra OEM (original equipment manufacturer), seperti dikutip dari Economic Times, Rabu (10/10/2019).

Persyaratan baru ini diperkirakan untuk meningkatkan penggunaan OS Android terbaru yang sekarang terkesan sangat lambat untuk diterapkan produsen ponsel. Padahal Google mengklaim OS baru selalu menawarkan sistem keamanan perangkat yang lebih baik.

Android 10 diluncurkan pada 3 September lalu. OS terbaru android ini baru tersedia pada deretan ponsel Pixel yang merupakan smartphone keluaran Google. Dikutip dari Gizmodo, berikut fitur-fitur baru yang bisa dinikmati di Android 10:

Smart Replies

Smart Replies mendapat peningkatan di Android 10. Jika sebelumnya fitur ini digunakan untuk memilih pesan yang telah ditentukan, kini fitur ini akan mengenali tautan Google Maps, video YouTube, dan URL lain yang tersemat dalam pesan, juga memungkinkan pengguna beralih ke aplikasi yang relevan langsung dari pop-up notifikasi.

Dark mode

Dark mode dan mode gelap adalah aplikasi yang akan mengurangi penggunaan baterai dan mengurangi beban mata yang terus melihat layar ponsel. Android 10 memiliki dark mode yang dapat diaktifkan.

Live Caption video

Salah satu fitur yang mengesankan dari Android 10 adalah Live Caption. Pasalnya, ketika melihat sebuah video secara otomatif akan muncul teks di dalam video. Teks muncul secara real-time.

Berlanjut ke halaman 2 >>> (roy/roy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like