Mantan Karyawan NASA Akui Kehidupan di Mars Nyata – Kedaulatan Rakyat

JAKARTA, KRJOGJA.com – Mantan karyawan NASA, Gilbert Levin mengungkapkan fakta baru yang mengejutkan. Pendarat Viking Mars pada 1970-an tersebut mengungkapkan bahwa NASA telah mengabaikan bukti kehidupan atau alien yang ditemukan oleh penyelidikan.

Dilansir dari laman The Sun, Senin (21/10/2019) adapun mesin viking telah dikirim ke Mars lebih dari 40 tahun lalu untuk menjelajahi permukaan Mars. Mereka termasuk percobaan yang dikenal sebagai Labeled Release (LR) yang bertugas mencari tanda-tanda kehidupan alien.

Hasilnya menurut Levin positif, penyelidikan menunjukan telah menemukan bukti kehidupan di Mars. Sayangnya penyelidikan diberhentikan oleh NASA.

“Ketika percobaan berlangsung, total empat hasil positif, didukung oleh lima kontrol yang bervariasi, mengalir turun dari pesawat ruang angkasa kembar Viking yang mendarat terpisah 4.000 mil,” kata Levin.

Dia menambahkan bahwa kurva data mengisyaratkan deteksi respirasi mikroba di Planet Merah. Adapun kurva dari Mars mirip dengan yang dihasilkan oleh tes LR tanah di Bumi. Namun, NASA tidak dapat menemukan bukti fisik bahwa ada kehidupan di sana. Ada asap, tapi tidak ada api.

“NASA menyimpulkan bahwa LR telah menemukan zat yang meniru kehidupan, tetapi bukan kehidupan. Entah kenapa, selama 43 tahun sejak Viking, tidak ada pendarat Mars berikutnya yang menggunakan alat deteksi kehidupan untuk menindaklanjuti hasil yang menarik ini,” kata Levin.

Mars memiliki banyak gunung, yang tertinggi dikenal di Tata Surya bernama Olympus Mons, yang tiga kali lebih tinggi dari Everest. Mars dianggap sebagai planet paling layak huni kedua setelah Bumi. Sejauh ini, ada 39 misi ke Mars tetapi hanya 16 di antaranya yang berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like