Migrasi Planet, Ide Gila atau Brilian? Ilmuwan Peraih Nobel Menjawab – WinNetNews

Winnetnews.com – Ilmuwan Swiss astrofisika, Michel Mayor menilai manusia tidak akan dapat melakukan migrasi ke planet di luar tata surya (eksoplanet) dan harus serius memperhatikan perubahan iklim di bumi.

Michel Mayor meraih penghargaan Nobel Fisika 2019 karena telah meneliti dan mendeteksi keberadaan eksoplanet dan mengatakan bahwa planet-planet luar tata surya itu sangatlah jauh.

“Planet-planet ini terlalu jauh. Bahkan untuk kasus paling optimistis terkait sebuah planet yang tak terlalu jauh dan dapat dihuni manusia, katakanlah hanya beberapa lusinan tahun cahaya, yang mana tidaklah banyak, merupakan planet tetangga, waktu yang diperlukan untuk ke sana sangat banyak. Kita sedang berbicara tentang ratusan juta hari menggunakan pengertian [ukuran] yang kita punya hari ini,” kata Mayor kepada AFP.

Daripada menghabiskan waktu memikirkan mimpi kolonisasi planet di di dalam dan luar tata surya kita, Mayor mengatakan, “Kita harus menjaga planet kita.” dan ingin meruntuhkan pemikiran orang yang menganggap migrasi semacam itu adalah satu-satunya solusi dari ancaman [perubahan iklim] yang sedang terjadi sekarang. Dia kemudian menyebut sentimen seperti itu “benar-benar gila.”

Pernyataan Mayor bisa saja benar. Perburuan planet layak huni yang terjadi sekarang mungkin bukan solusi langsung dari krisis iklim yang sedang mengancam. Karena misi pencarian planet layak huni bisa jadi gangguan atau semacam pengalih perhatian yang sia-sia dari bencana aktual yang perlahan-lahan mulai bermunculan dan terbukti secara ilmiah.

Katakanlah, Mars yang digadang-gadang bisa menjadi planet layak huni. Planet merah itu tidak dapat dihuni manusia. Meskipun Elon Musk menegaskan bahwa ‘dengan membombardirnya dengan nuklir’’ itu akan memulai pembentukan atmosfer, belum ada satu teknologi pun hingga saat ini yang mampu “mengubah bentuknya” dan menjadikannya layak huni. 

Foto: Manu Fernandez/AP via Daily News

Ada alasan mengapa orang tidak ingin meninggalkan jalan-jalan ramai di New York, Paris, dan Bangladesh untuk merentangkan kaki mereka di bentangan Antartika yang terbuka lebar. Karena, tidak dapat dihuni berarti Anda tidak dapat bertahan hidup tanpa akomodasi yang tidak terjadi secara alami. Tantangan untuk bertahan hidup di Mars hampir tak terhingga lebih sulit daripada hidup di kutub selatan Bumi.

Memang tak diragukan lagi kalau kita akhirnya akan dapat menciptakan koloni kecil di Bulan dan Mars, tetapi dapatkah pula memberi makan dan menampung miliaran orang? Jika kita berupaya ingin melestarikan spesies, kita perlu memerangi ancaman krisis iklim saat ini secara langsung. Membangun bahtera kosmik tidak akan menyelamatkan kita.

Sumber: The Next web

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like