Para Ilmuwan Melihat Ledakan Sinar-X Galaksi – Tekno Akurat

AKURAT.CO Berkat teknologi pengamatan yang semakin maju, para astronom sekarang dapat melihat galaksi yang jauh lebih detail daripada sebelumnya. Para ilmuwan juga dapat mempelajari lokasi-lokasi yang jauh di luar angkasa. Itulah yang dilakukan oleh tim peneliti yang menggunakan observatorium ruang angkasa NuSTAR NASA.

Baru-baru ini, sejumlah ilmuwan melakukan pengamatan terhadap galaksi NGC 6946 yang mengungkapkan kilatan kuat energi sinar-X. Dalam sebuah makalah baru yang diterbitkan dalam The Astrophysical Journal, para ilmuwan berani menebak apa yang sebenarnya terjadi.

Tim melihat sinar X yang tidak biasa ini kala memindai galaksi yang jauh untuk mengetahuk efek ledakan supernova. Dalam mencari tanda-tanda ledakan supernova di galaksi yang panjang dan melengkung, tim melihat sumber sinar-X yang pada dasarnya muncul entah dari mana.

Lampu kilat terang  yang terlihat pada gambar berwarna hijau, berbeda dengan sinyal supernova biru di dekat bagian atas bingkai. Yang berarti bahwa beberapa sumber yang sangat kuat membuatnya. Dalam pengamatan tindak lanjut menggunakan Chandra X-ray Observatory NASA, kilatan cemerlang itu sekali lagi tidak terlihat.

“Sepuluh hari adalah waktu yang sangat singkat untuk objek terang seperti itu muncul. Biasanya dengan NuSTAR, kami mengamati perubahan yang lebih bertahap dari waktu ke waktu, dan kami tidak sering mengamati sumber beberapa kali berturut-turut dengan cepat. Dalam hal ini, kami beruntung dapat menangkap sumber yang berubah sangat cepat, yang sangat menarik,” kata Hannah Earnshaw, Penulis Utama Studi ini seperti mengutip Bgr.

Pada jarak lebih dari 22 juta tahun cahaya dari Bumi, kita mungkin tidak pernah tahu pasti. Namun, penjelasan yang paling masuk akal yang diajukan oleh para peneliti adalah bahwa sinar terang dihasilkan oleh lubang hitam yang menelan sebuah bintang, menghasilkan emisi sinar-X yang singkat namun sangat terang. Bagaimanapun, itu adalah penampakan yang langka dan menarik.

baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like