Penemuan Terbaru Ungkap Penyebab Punahnya Dinosaurus – Kompas.com – Sains Kompas.com

Ilustrasi dinosaurus Australia, Fostoria dhimbangunmal.Ilustrasi dinosaurus Australia, Fostoria dhimbangunmal.

KOMPAS.com – Enam puluh enam juta tahun yang lalu, kehidupan di bumi berlangsung seperti biasanya. Reptil-reptil raksasa mendominasi kehidupan.

Herbivora raksasa yang panjangnya mencapai 40 meter bersatu dengan karnivora bipedal. Lautan dipenuhi oleh leviathans. Langit yang dikuasai oleh makhluk bersayap yang lebih besar dari jenis burung apapun dalam sejarah.

Akan tetapi setelah 180 juta tahun hidup dalam kemakmuran, hal tersebut hancur lebur.

Asteroid yang memusnahkan dinosaurus datang dan menghantam semenanjung Yucatan, Meksiko, dengan kekuatan 10 miliar bom atom dari ukuran bom atom yang digunakan dalam Perang Dunia II.

Dampaknya menimbulkan api yang membentang ribuan mil dan memicu tsunami yang menjulang tinggi dan meledakkan sulfur (belerang) ke arah atmosfer sehingga menghalangi matahari.

Akibatnya, hawa dingin timbul secara global dan menghancurkan dinosaurus. Hal inilah yang merupakan hipotesis sebagian besar ilmuwan bagaimana binatang-binatang menyeramkan tersebut lenyap.

Baca juga: Kepunahan Dinosaurus Dipicu Asteroid Berkekuatan 10 Miliar Bom Atom

University of Texas di Austin mengonfirmasi hal ini dengan menemukan bukti pada ratusan batu pada kawah yang terkena dampak jatuhnya asteroid dalam 24 jam pertama. Sampel inti yang diambil mengandung arang dan tumpukan batu yang dibawa kembali oleh tsunami.

Batu-batu tersebut menampilkan hal-hal detail akan kejadian setelah peristiwa yang melenyapkan 75 persen kehidupan di bumi itu. Akan tetapi, tidak ditemukan sulfur sama sekali pada bukti tersebut.

“Ini adalah catatan dari kejadian yang berhasil kami pulihkan dari ground zero,” tutur Sean Gullick, Profesor penelitian di University of Texas Institute for Geophysics (UTIG) seperti dikutip dari The Independent, Senin (9/9/2019).



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like