Review Realme 5 Pro, “Si Serba Cepat” dengan Quad Camera – Telset.id

Telset.id – Harus diakui kalau konsumen di Indonesia, membutuhkan smartphone yang punya banyak kemampuan dan seabreg fitur canggih bak smartphone kelas atas, tapi dibanderol dengan harga yang super terjangkau. “Belanja saja cari yang diskon, masa untuk smartphone harus yang murah?” kata mereka, mungkin.

Nampaknya, realme sigap menanggapi harapan itu, dan coba menjawab kebutuhan konsumen yang butuh smartphone bagus dengan harga terjangkau. Merek asal Cina itu baru saja meluncurkan realme 5 Pro, yang dirancang dengan fitur smartphone flagship nan powerful.

Smartphone ini mengusung banyak hal dengan kisaran harga yang bisa dijangkau siapa saja. Ada tiga pakem utama yang diandalkannya, yaitu “Dare to Leap Performance”, “Dare to Leap Imaging”, dan “Dare to Leap Design”.

So, untuk lebih jelasnya soal smartphone tersebut, kami akan mengulasnya lewat review realme 5 Pro untuk pembaca setia Telset.id. Yuk simak!

Desain

Ada ungkapan yang baru saja kami temukan ketika pertama kali melihat realme 5 Pro, yaitu “jangan lihat smartphone dari depannya saja”. Mengapa? Sebab, ketika kami melihat body realme 5 Pro seutuhnya, barulah terucap satu kalimat yang mewakili keseluruhan desain realme 5 Pro, yakni cantik dan berkarakter.

Mari kita bahas satu per satu, mulai dari bagian depan terlebih dahulu. Smartphone ini memang tak dirancang menggunakan bahasa desain ala realme X, yang mengusung desain fullscreen tanpa notch atau poni.

realme 5 Pro memiliki layar IPS berukuran 6,3 inci dengan resolusi Full HD+ (2340 × 1080). Layarnya bergaya Dewdrop alias punya notch berbentuk tetesan embun di bagian atasnya.

Layarnya dikelilingi oleh bezel tipis, sehingga rasio layar terhadap body pun terbilang tinggi, tepatnya mencapai 90,6%. Makanya, layar smartphone ini pun mampu menawarkan tampilan lebih luas, lebih jelas dengan efek visual terbaik di kelasnya.

Sekarang pindah ke bagian belakangnya. Body realme 5 Pro dilapisi oleh desain dan warna yang tampil lebih berkarakter dibanding smartphone sekelasnya.

Body-nya memadukan antara desain potongan berlian yang memang menjadi ciri khas realme, dengan warna holografik yang menampilkan efek visual yang menarik. Untuk mendapatkan warna itu, tidak “semudah membalikkan telapak tangan” lho.

Ada beberapa tahap yang harus dilalui, seperti mengukir warna holografik oleh laser lima sumbu, sampai akhirnya mewarnai body melalui sablon tinta dan ditutup dengan lapisan pengerasan cat.

Menurut realme, seluruh proses pengecatan realme 5 Pro melibatkan 15 kali pembuatan prototipe dan 78 kali penyesuaian detail. Ribet? Memang, tapi itu demi memberikan karakter premium pada smartphone ini.

Warna holografik ini semakin terlihat pas, ketika realme menyematkan frame empat kamera secara vertikal di sisi kiri atas body, yang disandingkan dengan LED Flash di sebelah kanannya. Ada juga sensor sidik jari di tengah atas body yang dibingkai dengan oleh frame berwarna silver, dan logo Realme di sudut kiri bawah body sebagai pelengkapnya.

Selesai membahas desain, sekarang membahas soal penggunaannya. Jujur, smartphone suksesor realme 3 Pro ini adalah salah satu smartphone yang nikmat untuk digenggam menggunakan satu tangan.

Alasannya, karena lengkungan di body belakang realme 5 Pro yang disebut sebagai “Desain 3D”. Lengkungan itu memberikan kesan ergonomis pada body, sehingga lebih nyaman saat digenggam, digunakan, bahkan dikantongi. Well, secara overall, hampir tidak ada cela dari desain realme 5 Pro.

Spesifikasi

Ada banyak tuntutan dari pengguna atas smartphone yang diluncurkan saat ini. Salah satu di antaranya adalah performa terbaik untuk menunjang aktivitas gaming. Beruntung, realme 5 Pro berhasil memenuhi tuntutan konsumen tersebut lewat mesin berupa prosesor octa-core 2.3 GHz Snapdragon 712 AIE (10 nm).

Untuk kalian yang tidak tahu, AIE atau Artificial Intelligence Engine merupakan chip khusus yang disematkan Qualcomm untuk sejumlah SoC high-end dan flagship Snapdragon saja.

Sederhananya, seluruh smartphone yang menggunakan prosesor dengan AIE memiliki teknologi AI hasil kombinasi software buatan brand atau OEM dan hardware Qualcomm untuk meningkatkan kinerja smartphone.

Disematkan juga RAM 8GB, memori penyimpanan 128GB yang bisa diperluas menggunakan microSD hingga 256GB, dan baterai berkapasitas 4,035 mAh dengan dukungan VOOC Flash Charge 3.0.

Istimewa? Tentu saja. Kinerja realme 5 Pro sangat bisa diandalkan. Bukan saja enak saat diajak bekerja maupun main game, baterai 4,035 mAh yang dibawa juga tak ada matinya.

Berbicara soal performanya, kami menggunakan tiga aplikasi benchmark, yaitu AnTuTu benchmark, 3D Mark, dan PC Mark untuk mengetahui seberapa besar performanya. Berikut tabel perbandingannya:

Sekarang bahas baterainya. Seperti yang sudah kami sebut sebelumnya, realme 5 Pro didukung oleh teknologi pengisian baterai cepat bernama VOOC Flash Charge 3.0 untuk mengisi baterai berkapasitas 4,035 mAh.

Sekadar informasi, VOOC Flash Charge 3.0 menggunakan mode tegangan rendah dan arus tinggi, untuk memastikan kecepatan charging yang stabil sekaligus mengurangi panas di adaptor dan smartphone saat proses pengisian baterai.

Untuk membuktikan seberapa cepat VOOC 3.0, kami mengujinya menggunakan fitur Battery Wear Test di AnTuTu Benchmark. Kami menghitung kecepatan pengisian baterai dari 10% sampai penuh.

Berdasarkan aplikasi tersebut, baterai realme 5 Pro dapat terisi dari 10% sampai 91% dalam waktu 60 menit. Sementara dari 10% hingga penuh, dibutuhkan waktu hanya 76 menit saja.

Catatan ini terbilang sangat cepat. Pasalnya, selama proses charging, kami menggunakan smartphone ini secara aktif. Nah, untuk daya tahan baterainya, smartphone ini mampu menemani aktivitas kami sampai 25 jam dengan screen on time mencapai 7 jam.

Sistem Operasi

Semua spesifikasi powerful yang kami sebutkan tadi, menopang seluruh proses yang berjalan di atas ColorOS 6.0 berbasis Android Pie. Sistem operasi ini, menawarkan banyak hal bagi para pengguna, khususnya gamers.

Lho, kok gamers? Ya, realme 5 Pro punya fitur khusus yang mampu meningkatkan performa smartphone ketika bermain game. Nama fitur ini adalah Hyperboost 2.0 yang kini mendukung Frame Boost dan Touch Boost.

Gunanya, performa smartphone bakal meningkat dan terjaga stabilitasnya ketika bermain game, dari yang ringan sampai berat. Tidak hanya itu, kinerja layar smartphone pun akan ditingkatkan, agar mempunyai respon sentuh yang optimal dan meningkatkan pengalaman gaming maksimal bagi pengguna.

Bagi Anda yang bukan gamers alias pengguna biasa, ColorOS 6.0 juga menyediakan pengalaman khas Android Stock yang biasanya terdapat pada seri Google Pixel. User interface (UI) ColorOS 6 mudah digunakan, punya interaksi yang sederhana dan ringkas, serta tidak terlalu membebani RAM smartphone.

Kamera

realme 5 Pro total memiliki 5 kamera. Empat kamera belakang yang disebut realme sebagai “48MP Sony Quad Camera”, dan satu kamera depan.

Ke-empat kamera belakang tersebut punya konfigurasi lensa wide-angle 8MP aperture f/2.2 dengan jangkauan 119°, 48MP lensa utama dengan sensor Sony IMX586 aperture f/1.8, lensa depth 2MP aperture f/2.4, dan lensa makro 2MP aperture f/2.4.

Kamera dari smartphone jagoan realme ini langsung membuat kami jatuh cinta atas kualitas foto yang ditawarkannya. Hasil fotonya detail dan punya warna yang tajam. Itu karena, resolusi gambar yang ditangkap bukanlah 48MP, melainkan 12MP.

Ya, lensa utama realme 5 Pro didukung oleh teknologi Quad Bayer pixel four-in-one yang memberikan dynamic range yang sangat baik dan detail gambar yang bagus. Intinya, kamera memadatkan foto 48MP menjadi 12MP yang mampu memberikan foto dengan kualitas detail dan warna yang bagus serta tajam.

Ditambah, realme memberikan teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI) yang bisa menyesuaikan pengaturan kamera paling cocok untuk skenario foto yang diambil. Meski demikian, pengguna tetap bisa mengambil foto 48MP kok. Caranya, dengan memilih Ultra 48MP, sehingga bisa menangkap gambar besar 48MP. Berikut beberapa hasil fotonya:

Kamera Normal dan 48MP

Kamera utama realme 5 Pro juga sukses memukau mata kami yang suka mengambil foto malam. Kualitas foto malam yang diberikan sangat bagus, minim noise, detail yang baik, serta komposisi warna yang pas.

Penyebabnya, lensa utama smartphone ini punya bukaan yang besar yang sensitif akan cahaya, apalagi dibantu dengan fitur Nightscape. Berikut beberapa hasil foto malam yang kami ambil:

Foto Malam Realme 5 Pro

Lanjut ke lensa wide-angle 8MP 119°. Seperti lensa ultra-wide pada umumnya, kamera ini sangat cocok untuk membantu pengguna menangkap foto dengan jangkauan super luas tanpa membuat hasil akhirnya cembung. Nampaknya realme memikirkan dengan baik besaran sudut pandang dengan 119° demi memenuhi kepuasan penggunanya dalam mengabadikan momen.

Hasilnya juga patut untuk diacungi jempol. Pokoknya, lensa ini sangat berguna bagi Anda yang suka ambil foto landscape, cityscape, dan lainnya. Berikut hasil foto-fotonya:

Sementara dua lensa lain, yakni makro dan depth, cukup berguna bagi Anda yang suka foto-foto macro ataupun portrait. Khusus untuk makro, pengguna bisa mengambil foto lebih jelas dalam jarak lebih dekat sampai 4cm. Berikut beberapa hasil fotonya:

Kamera Depth dan Makro Realme 5 Pro

Sekarang bahas kamera depan. Smartphone tersebut punya lensa 16MP dengan sensor Sony IMX471 dengan aperture f/2.0 yang didukung oleh fitur AI Beauty yang secara akurat bisa mengenali dan mengidentifikasi subjek yang difoto berdasarkan jenis kelamin, jenis kulit, dan lainnya.

Bagi pengguna laki-laki, jangan khawatir. AI Beauty tidak akan memperhalus wajah Anda secara ekstrem, karena ciri-ciri seperti kantung mata, kumis, sampai jenggot masih terlihat dengan detail yang baik. Berikut hasil foto selfienya:

Kesimpulan

realme seolah ingin membuktikan, kalau smartphone berkualitas mumpuni itu tidak selalu berharga mahal. Contoh realme 5 Pro, desainnya premium nan berkarakter, spesifikasinya punya performa tinggi yang bisa mendukung berbagai aktivitas penggunanya, baterai tahan lama dengan pengisian super cepat, hingga kualitas kamera terbaik. Tidak salah realme menyematkan slogan “Quad Camera SpeedMaster” untuk tipe ini.

Di harga yang cukup terjangkau, hampir tidak ada cela dari kami untuk smartphone ini. Jagoan realme ini wajib Anda pinang, jika Anda memang membutuhkan smartphone kelas bintang lima dengan harga ala kaki lima. Good job realme! (FHP/HBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like